Faktor-Faktor Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Jasa Kereta Api Menggunakan Analisis Faktor (Studi Kasus di Stasiun Padang/Simpang Haru Koridor Padang-Pariaman).

Ayunita, Nadya Febri (2019) Faktor-Faktor Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Jasa Kereta Api Menggunakan Analisis Faktor (Studi Kasus di Stasiun Padang/Simpang Haru Koridor Padang-Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_NADYA_FEBRI_AYUNITA_15037024_3658_2019.pdfA.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan suatu proses pengangkutan manusia maupun barang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi massal tertua di dunia. Kota Padang dan Pariaman adalah salah satu altematif yang dilewati oleh kereta api. Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Kota Padang dan Pariaman menggunakan kereta api adalah karena kereta api memiliki muatan/jumlah penumpang yang banyak, lebih aman, tepat waktu, nyaman, dan harga yang terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Salah satu analisis statistika yang dapat digunakan untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit yang dinamakan faktor adalah analisis faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan penumpang dalam menggunakan pelayanan jasa kereta api. J enis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen/penumpang kereta api di Stasiun Padang (Simpang Haru) koridor Padang-Pariaman yang menggunakan jasa kereta api dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 16 pemyataan dengan skala likert. Penelitian ini dimulai dengan mentransformasikan data, kemudian mencari rata-rata setiap variabel, dan dilanjutkan dengan Factor Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, faktor yang mempengaruhi pelayanan jasa kereta api terhadap kepuasan penumpang adalah variabel yang mempunyai korelasi yang tinggi. Untuk faktor pertama pada kehandalan dan empati penumpang merasa puas terhadap pelayanan jasa yang diberikan dengan persentase sebesar 48,4062% dan 44,7629%. Lalu faktor kedua pada daya tanggap, jaminan dan berwujud penumpang merasa puas terhadap pelayanan jasa yang diberikan dengan persentase sebesar 28,8046%; 38,3733%; dan 30,9055%. Faktor dominan yang mempengaruhi pelayanan jasa kereta api terhadap kepuasan penumpang di Stasiun Padang (Simpang Haru) Koridor Padang-Pariaman adalah untuk faktor pertama yaitu kehandalan dan faktor kedua yaitu jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:44
Last Modified: 29 Jun 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item View Item