Firdaus Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat dengan Metode ARI MA.

Firdaus, Firdaus (2019) Firdaus Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat dengan Metode ARI MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_FIRDAUS_1307538_3881_2019.pdfA.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, salah satu transportasi darat di Indonesia yang menjadi altematif pemilihan para sektor pengguna diantaranya adalah kereta api. Minat masyarakat terhadap j asa transportasi kereta api dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan sering kita lihat lonjakan penumpang menyebabkan banyak penumpang yang berdiri karena tidak mendapat tempat duduk. Masyarakat memilih kereta api karena membutuhkan transportasi massal dengan waktu tempuh relatif lebih cepat karena terhindar dari kemacetan, harganya ekonomis serta tingkat keselamatan yang cukup tinggi. Perusahaan Kereta Api (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat adalah perusahaan milik Negara yang membawahi angkutan jasa menggunakan kereta api di Sumatera Barat . Oleh karena itu, akan dilakukan peramalan jumlah penumpang kereta api untuk masa yang akan datang, agar perusahaan kereta api dapat mempersiapkan fasilitas yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah membentuk model dan meramalkan jumlah penumpang kereta api dengan menggunakan Metode ARIMA untuk satu periode berikutnya Penelitian ini menggunakan metode ARIMA. Beberapa asumsi yang harus dipenuhi dalam metode ini adalah data bersifat stasioner, variabel yang digunakan merupakan variabel tunggal (univariat), tidak terdapat korelasi untuk setiap pengamatan pada periode berbeda, dan nilai autokorelasi tidak berbeda nyata dari nol. Setelah melalui tahap identifikasi model, penaksiran dan pengujian parameter, serta tahap diagnostik, maka model yang diperoleh untuk meramalkan jumlah pemumpang Kereta Api Indonesia (Persero) Devisi Regional II Sumatera Barat dari bulan Januari 2015 sampai dengan Desember 2018 adalah model ARIMA (0,1,1). Tetapi, model ARIMA yang diperoleh belum sesuai dengan karakteristik ARIMA. Disaran kan bagi peneliti yang berminat untuk meramalkan data jumlah penumpang kereta api Indonesia (persero) devisi regional II Sumatera Barat dengan metode peramalan lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 06:47
Last Modified: 29 Jun 2020 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27467

Actions (login required)

View Item View Item