Analisis Ion Logam Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) melalui Pembentukan Kompleks dengan Oksin Menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC)

Helena, Patricia (2019) Analisis Ion Logam Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) melalui Pembentukan Kompleks dengan Oksin Menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_PATRICIA_HELENA_15036027_3019_2019.pdfA.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Kromatografi cair kinerja tinggi merupakan teknik pemisahan campuran berdasarkan tingkat polaritas suatu senyawa. Ion logam Ca dan Mg dapat membentuk kompleks dengan oksin yang dapat dideteksi menggunakan detector UV-Vis pada HPLC. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan keadaan optimum pembentukan kompleks Ca-Oksinat dan Mg-Oksinat. Metoda yang digunakan adalah metoda kromatografi menggunakan HPLC. Reaksi ion Ca2+ atau Mg2+ dengan oksin akan membentuk kompleks khelat netral berwarna kuning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleks Ca-Oksinat membentuk kompleks berwarna kuning dengan absorbansi maksimum pada panjang gelombang 390 nm. Konsentrasi optimum pembentukan kompleks 15 ppm dengan pH ion logam Ca2+ 4 pada waktu pengadukan 20 menit dan mencapai kestabilan pembentukan kompleks pada menit ke 40 menit. Sedangkan kompleks Mg-Oksinat membentuk kompleks berwarna kuning dengan aborbansi maksimum pada panjang gelombang 380 nm. Konsentrasi optimum pembentukan kompleks 20 ppm dengan pH ion logam Mg2+ 4 pada waktu pengadukan kompleks 25 menit dan mencapai kestabilan pembentukan kompleks pada menit ke-45 menit. Hasil pengujian pada HPLC digunakan fasa gerak oksin dalam ethanol : air dengan variasi 50:50. Puncak Mg-Oksinat muncul pada waktu retensi 2.5 menit sedangkan Ca-Oksinat muncul pada waktu retensi 1.5 menit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 06:46
Last Modified: 29 Jun 2020 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item View Item