Pembangan Modul Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal-Soal Tipe HOTS Untuk Kelas X SMA/MA.

Perifta, Silvia Enmi (2019) Pembangan Modul Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal-Soal Tipe HOTS Untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SILVIA_ENMI_PERIFTA_15035014_3033_2019.pdfA.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2018 menuntut siswa aktif dalam pembelajaran dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran inkuiri terbimbing sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 revisi 2018, dengan model ini pembelajaran akan lebih bermakna jika dilengkapit bahan ajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa modul hukum dasar kimia dan stoikiometri berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal-soal tipe HOTS untuk kelas X SMA/MA serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas modul tersebut. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan penilaian (assessment phase). Validitas modul dilakukan pada tahap pembentukan prototipe, Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMAN 10 Padang dengan instrumen berupa lembar validasi, sedangkan praktikalitas modul dilakukan pada tahap penilaian. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru kimia dan 45 siswa SMAN 10 Padang dengan instrumen berupa angket praktikalitas. Analisis data menggunakan momen kappa cohen. Hasil analisis data diperoleh nilai momen kappa (k) untuk validitas 0,81, praktikalitas guru 0,87 dan praktikalitas siswa 0,83. Berdasarkan hasil analisis data berarti modul yang dihasilkan memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:08
Last Modified: 29 Jun 2020 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27451

Actions (login required)

View Item View Item