Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Teknik Simulasi

Nasution, Nurliana (2019) Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Teknik Simulasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURLIANA_NASUTION_14193034_4921_2019.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurang optimalnya interaksi mahasiswa di dalam kelas yang mengakibatkan hasil belajar Teknik Simulasi belum optimal karena keterbatasan waktu pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan interaksi belajar mahasiswa melalui pembelajaran blended learning NNST dengan menggabungkan pembelajaran berbasis tatap muka (face to face) dan daring (online). Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model blended learning NNST mata kuliah Teknik Simulasi yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian mahasiswa Jurusan Sistem Informasi semester 7 pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak masing-masing 25 orang pada kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen pengumpul data menggunakan tes objektif, kuesioner berskala likert dan lembar observasi. Analisis validitas data menggunakan perhitungan V-Aiken untuk validasi produk, teknik persentase digunakan untuk analisis praktikalitas dan efektivitas. Uji hipotesis pada efektivitas menggunakan analisis independent sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model blended learning NNST mata kuliah Teknik Simulasi telah dikembangkan dengan susunan syntax yang menggabungkan pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran daring (online) dengan komposisi 50%:50% yang terdiri dari enam fase. Pengembangan model didukung dengan produk buku model blended learning, modul Teknik Simulasi, buku panduan pembelajaran Teknik Simulasi blended learning, buku panduan blended learning, dan website E-Learning. Hasil analisis validitas produk menyatakan semua produk telah valid pada seluruh aspek dan sub aspek penilaian. Produk memiliki praktikalitas yang sangat tinggi dan memiliki keefektifan dalam mempengaruhi hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa model blended learning NNST memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji sehingga layak digunakan pada mata kuliah Teknik Simulasi dan pada mata kuliah lainnya. Implikasi dari penelitian ini meningkatkan motivasi dan cara belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:18
Last Modified: 29 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item