Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Kelas X SMA.

Aprelianda, Nola (2019) Pengembangan Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NOLA_APRELIANDA_15035059_3283_2019.pdfA.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Modul pembelajaran berbasis guided discovery learning dapat digunakan sebagai altematif untuk meningkatkan keaktifan siswa dan memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang valid dan praktis. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan formula kappa Cohen. Modul ini divalidasi oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMAN 1 Guguak. Modul ini juga diujikan kepada 30 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Guguak tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis lembaran validitas modul, praktikalitas modul oleh guru dan praktikalitas modul oleh siswa dikategorikan sangat tinggi menunjukkan skor rata-rata moment kappa (k) berrturut-turut adalah 0,85, 0,92, dan 0,82. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Kata kunci: Modul, Guided Discovery Learning, Stoikiometri, Model Plomp, Research and Development (R&D)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:18
Last Modified: 29 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27446

Actions (login required)

View Item View Item