Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutaiment (CET) pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Pariaman.

lndriliza, Lola (2019) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutaiment (CET) pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_LOLA_INDRILIZA_15035057_2955_2019.pdfA.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi siswa saat mengerj akan latihan dan kurang efektifnya pengerj aan latihan secara individu karena tidak bersifat kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan permainan ludo kimia berbasis chemo-edutaiment (CET) pada materi Sistem Koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIP A SMAN 3 Pariaman. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga kelas XI MIP A 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 1 kelas eksperimen. Data penelitian meliputi hasil belajar dari ranah kognitif. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang telah diuji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman hasil belajar yang lebih baik terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 84,33 dan 78, 78 serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, yaitu thitung (2,607) > ti-a (1,67) pada tarafnyata a= 0,05 dengan dk =70 dan peluang to.ss. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ludo kimia bebasis chemo-edutaiment (CET) efektif dengan kategori tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:18
Last Modified: 29 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27444

Actions (login required)

View Item View Item