Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/MA.

Syukra, Hakimul (2019) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_HAKIMUL_SYUKRA_15035072_3031_2019.pdfA.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan mendorong terjadinya perpaduan antara teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu modul elektronik (e-modul). Materi kesetimbangan kimia sering terkendala dalam penerapannya di sekolah karena sub materi yang banyak. Kendala lain yaitu tidak terlaksananya praktikum dan waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat mengefisiensi waktu dan juga mengatasi ketiadaan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory yang valid dan praktis untuk SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dosen kimia FMIPA UNP, satu orang guru kimia SMAN 1 Bukittinggi, dua orang guru SMAN 2 Bukittinggi, dan 21 orang siswa kelas XII MIPA 5 SMAN 2 Bukittinggi tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 5 orang validator. Berdasarkan uji validitas, didapatkan rata-rata momen kappa sebesar 0,840 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Uji praktikalitas dilakukan oleh satu orang guru SMAN 1 Bukittinggi, dua orang guru dan 21 orang siswa SMAN 2 Bukittinggi. Hasil uji praktikalitas dari guru dan siswa sebesar 0,860 dan 0,811 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory untuk SMA/MA valid dan praktis. Pada tahap disseminate, dilakukan penyebaran terbatas yaitu di SMAN 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:18
Last Modified: 29 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item View Item