Strategi Marketing Politik Calon Independen dalam Meraih Kemenangan pada Pilkada Walikota Bukittinggi Tahun 2015

Syahputra, Ade Surya and Azmi, Alia and Dewi, Susi Fitria (2018) Strategi Marketing Politik Calon Independen dalam Meraih Kemenangan pada Pilkada Walikota Bukittinggi Tahun 2015. Journal of Civic Education, 1 (1). pp. 51-62. ISSN 2622-237X

[img]
Preview
Text
19 STRATEGI MARKETING POLITIK CALON INDEPENDEN DALAM.pdf

Download (356kB) | Preview
Official URL: http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/vie...

Abstract

Penelitian ini menggambarkan strategi marketing politik calon independen dalam memenangkan pilkada walikota Bukittinggi tahun 2015. Kemenangan calon independen merupakan sesuatu yang jarang terjadi dalam Pilkada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambarkan strategi politik yang dilakukan calon independen M. Ramlan Nurmantias-Irwandi dalam memenangkan pilkada Bukittinggi pada tahun 2015.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi marketing politik yang dilakukan calon independen M. Ramlan NurmantiasIrwandi dalam memenangkan Pilkada Bukittinggi tahun 2015 dengan melakukan strategi Segmentasi, Positioning dan Targeting.strategisegmentasi geografik dilakukan pemetaan terhadap jumlah penduduk yang ada di setiap kecamatan di Bukittinggi dan pemetaan terhadap wilayah yang menjadi basis suara dari pemilihan walikota periode yang lalu, yaitu Pilkada 2010. Kemudian segmentasi demografik dalam hal ini strategi yang dilakukan tim sukses M. Ramlan Nurmantias – Irwandi yaitu dengan memanfaatkan kehadiran dan peran dari kelompok kelompok simpatisan yang berasal dari kelompok masyarakat yang telah di segmentasi.Strategi targeting dilakukan dengan merangkul tokoh tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat berdasarkan segmen yang telah ditentukan untuk dijadikan sebagai tim sukses dan juga sebagai kelompok simpatisan Strategi positioning dilakukan dengan menonjolkan diri sebagai calon Independen, menonjolkan visi misi dan program serta menonjolkan image,track record dan figurd dari pasangan Ramlan Nurmantias – Irwandi

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:55
Last Modified: 26 Jun 2020 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item