Potensi Konflik Sosial Masyarakat Nagari Padang Sibusuk dengan Desa Kampung Baru Pasca Resolusi Konflik (Potential of Community Social Conflict Padang Sibusuk with Kampung Baru Post Conflict Resolution )

Trisno, Arisman and Indrawadi, Junaidi and Dewi, Susi Fitria and Montessori, Maria (2019) Potensi Konflik Sosial Masyarakat Nagari Padang Sibusuk dengan Desa Kampung Baru Pasca Resolusi Konflik (Potential of Community Social Conflict Padang Sibusuk with Kampung Baru Post Conflict Resolution ). UPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (2). pp. 283-294. ISSN Print: 2085-482x / Online: 2407-7429

[img]
Preview
Text
19 Potensi Konflik Sosial Masyarakat Nagari Padang Sibusuk dengan Desa Kampung Baru Pasca Resolusi Konflik.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi konflik antara nagari Padang Sibusuk dengan desa Kampung Baru pasca resolusi konflik. Penelitian dilakukan di nagari Padang Sibusuk dan desa Kampung Baru, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkap bagaimana keberadaan potensi konflik antara kedua wilayah saat ini. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, FGD (Focus Group Discusion) dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan trianggulasi sumber hasil penelitian menunjukkan: Potensi konflik masih tersimpan didalam masyarakat nagari Padang Sibusuk dan desa Kampung Baru pasca resolusi konflik. Tokoh masyarakat ke dua pihak berkonflik belum menunjukkan kesungguhan bersama untuk mematuhi reolusi. Resolusi hanya sebatas kesepakatan namun untuk mematuhinya masih jauh dari harapan pihak yang berkonflik.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:45
Last Modified: 26 Jun 2020 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27420

Actions (login required)

View Item View Item