Analisis Energi Potensial Gemp Abumi di Wilayah Sumatera Barat dan Sekitarnya (3°50' Ls-1°20' Lu dan 98°10' Bt - 102°10'Bt)

Raeis, Muhammad (2019) Analisis Energi Potensial Gemp Abumi di Wilayah Sumatera Barat dan Sekitarnya (3°50' Ls-1°20' Lu dan 98°10' Bt - 102°10'Bt). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUHAMMAD_RAEIS_15034050_3262_2019.pdfA.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Bencana alam yang sering terj adi dan dapat merugikan masyarakat yang ada di Indonesia adalah Gempabumi. Indonesia menjadi kawasan yang memiliki intensitas gempabumi yang tinggi disebabkan karena wilayah Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng dunia. Salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan gempabumi adalah Sumatera Barat. Gempabumi yang terjadi merupakan pelepasan energi deformasi yang mengalami siklus akumulasi. Berdasarkan siklus tersebut energi dapat di bedakan menjadi energi simpan (interseismic), energi lepas (coseismic) dan energi potensial tpostseismic). Energi gempabumi yang dihasilkan bisa bergantung dari kondisi stress lokal tektonik dan tingkat keaktifan kegempaan. Maka dari itu penulis ingin melakukan penelitian tentang energi potensial dan a-value dan b-value. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah katalog gempabumi NEIC/USGSdan !SC dengan periode tahun 1943-2018 dengan M 2 3.5 dan h s 70 km. Pengolahan data energi potensial didapatkan dengan menghitung energi lepas pertahun, energi ekspektasi pertahun, dan energi total pertahun. Pengolahan a-value dan b-value menggunakan perhitungan stiatistik likelihood yang dibantu menggunakan aplikasi ZMAP ver. 6.0 yang merupakan software berbentuk Grapich User Interface (GUI) dengan berbasis MATLAB. Hasil perhitungan yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan nilai energi potensial, kondisi stress lokal, dan tingkat kegempaan yang dilihat berdasarkan b- value dan a-value pada segmen-segmen yang ada di Sumatera Barat. Energi potensial terbesar berada pada segmen Suliti, Sumani dan Mentawai. Sementara energi potensial yang cukup rendah berada pada segmen Sumpur dan Sianok. Kondisi stress lokal dan tingkat kegempaan Suliti dan Sumani berada pada tingkat yang rendah, dilanjutkan dengan Sianok dan Sumpur, dan yang tertinggi berada pada Segmen Mentawai. Kata Kunci : Energi Potensial, a value, b value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:43
Last Modified: 26 Jun 2020 12:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27400

Actions (login required)

View Item View Item