Pembuatan Asesmen Autentik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Momentum,Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Untuk SMA.

Aprisilia, Sani (2019) Pembuatan Asesmen Autentik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Momentum,Impuls dan Gerak Harmonik Sederhana Untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SANI_APRISILIA_15033016_3727_2019.pdfA.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Mengimplementasikan konsep yang dipelajari dalam menghadapi fenomena di kehidupan sehari-hari merupakan tuntutan dari pelaksanaan kurikulum 2013. Hal ini berkaitan erat dengan hakikat ilmu fisika yang terdiri dari susunan pengetahuan yang kaya akan konsep dan memerlukan pemahaman dasar. Pemahaman dasar inilah yang menjadi alasan mengapa guru hams memastikan kesiapan peserta didik dengan menggali pengetahuan awal peserta didik sebelum mengajarkan suatu konsep. Akan tetapi, tingkat inteligensi yang beragam memerlukan adanya keselarasan dalam pembelajaran menjadi alasan mengapa sebuah model pembelajaran penting untuk diterapkan. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik belajar dengan buku yang ada di perpustakaan dengan jumlah yang tidak memadai. Selain itu belum terdapat penggunaan asesmen di kelas. Belum adanya penerapan asesmen di sekolah yang diobservasi oleh peneliti, menjadi alasan penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pembuatan produk lembar kegiatan asesmen autentik dengan mengikuti langkah pembuatan asesmen autentik dari O'Malley. Tujuan penelitian ini adalah menentukan nilai validitas produk asesmen autentik melalui tahap validasi. Validasi dilakukan sebanyak dua kali dengan tujuan meminimalisir kekurangan dalam pembuatan asesmen serta untuk mencapai skor validitas yang tinggi. Hasil validasi dianalisis dengan metode analisis skala likert, dimana seluruh skor dihitung dan dirata-ratakan kemudian ditentukan kriteria validitas berdasarkan pada skala yang ada pada tabel skala likert. Penelitian ini menghasilkan produk berupa lembar kegiatan asesmen autentik dengan pencapaian nilai validasi pertama 80, 12 dan validasi kedua menghasilkan nilai validitas 86,57 dimana kedua hasil validasi berada pada kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:42
Last Modified: 26 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item