Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1 yang Dapat Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains

Ramadhani, Putri Rasti (2019) Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1 yang Dapat Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_PUTRI_RASTI_RAMADHANI_15033013_3568_2019.pdfA.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan yang memfasilitasi peserta didik menemukan fakta, menentukan konsep serta mengaplikasikan teori dalam kehidupan sehari-hari. Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan. Buku teks pelajaran yang digunakan pada SMA di Sumatera Barat sangatlah beragam, dan belum diketahui tingkat sajian KPSnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sajian KPS pada buku teks pelajaran Fisika yang digunakan oleh SMA di Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh buku teks pelajaran Fisika Kelas XI Semester 1 yang diterbitkan di Indonesia dan digunakan di Sumatera Barat. Sampel penelitian yaitu empat buku terbanyak yang digunakan di SMA Sumatera Barat, tiga diantaranya buku yang direkomendasikan oleh pemerintah. Instrumen penelitian yang digunakan sudah sangat valid. Instrumen penelitian menggunakan indikator KPS menurut Rustaman, berisi 10 komponen KPS, yang dijabarkan menjadi 31 indikator KPS. Setiap indikator dijabarkan satu sampai tiga butir instrumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan kajian isi. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku yang digunakan sebagai reverensi untuk pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1 telah memfasilitasi indikator keterampilan mengamati, namun belum memfasilitasi indikator keterampilan mengajukan pertanyaan. Buku teks pelajaran yang memiliki proporsi indikator KPS paling tinggi merupakan buku karangan Muhammad Farchani Rosyid, Eko Firmansyah, Rachmad Resmiyanto & Atsnaita Yasrina Tahun 2016, sedangkan buku teks pelajaran yang memiliki proporsi indikator KPS paling rendah merupakan buku karangan Sunardi, Paramitha Reytno P. & Andreas B. Darmawan Tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:42
Last Modified: 26 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27384

Actions (login required)

View Item View Item