Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas di Kelas XI SMA/MA

Imelda, Elsa (2019) Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ELSA_IMELDA_15033102_5438_2019.pdfA.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus di kuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang sukses dalam hidup dan berkualitas dalam segala usaha untuk dapat bersaing menhadapi era milenium. Untuk mencapai tuntutan pendidikan di abad 21 maka dilakukan perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013 revisi 2017. Kurikulum 3013 revisi 2017 memuat beberapa hal penting salah satunya yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS). Berdasarkan observasi yang dilakukan didapatkan bahwa masih kurangnya pelaksanaan pembelajaran fisika sesuai tuntutan kurikulum 2013 revisi 2017. Dimana LKS yang digunakan siswa masih kurang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan desain LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing yang akan diuji kelayakannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Pada penenlitian ini hanya dibatasi sampai tahapan uji coba produk dan revisi produk. Uji coba produk yang dilakukan yaitu uji coba terbatas Validitas produk dilakukan oleh 3 orang dosen tenaga ahli. Kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan satu kelas siswa. Setelah dilakukan pengolahan data, didapatkan hasil validitas oleh tenaga ahli dengan rata-rata yaitu 82,26% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas menurut guru dengan rata-rata yaitu 90,85% dan hasil praktikalitas menurut siswa dengan rata-rata yaitu 83,68%. Sedara keseluruhan LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing berada pada kategori valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:04
Last Modified: 26 Jun 2020 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27348

Actions (login required)

View Item View Item