Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/MA

Damaianti, Oktiani (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_OKTIANI_DAMAIANTI_14176026_1750_2019.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi koloid masih berorientasi terhadap penguasaan teori dan hafalan sehingga menyebabkan kemampuan belajar siswa belum maksimal. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah LKS berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang teruji kevalidan, kepraktisan, dan kefektivannya sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar. Tahapan pada LKS ini terdiri dari orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi, dan penutup. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan dan menguji keefektivan suatu produk. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. LKS berbasis inkuiri terbimbing ini di validasi oleh 5 orang validator dan diujikan kepada 4 orang guru kimia SMA dan 24 orang siswa kelas XI IPA SMA N 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2017/2018. Hasil analisis uji validitas diperoleh momen kappa sebesar 0,81 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respon guru dan siswa diperoleh nilai momen kappa sebesar 0,79 dan 0,82 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Pada uji efektivitas sebanyak 67% siswa memperoleh nilai di atas KKM dan berdasarkan gain score siswa dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan LKS adalah 0,44 yang berada pada kategori sedang dan rata-rata aktivitas siswa pada setiap pertemuan 79,29% dengan kategori efektif. Pada tahap diseminasi dilakukan sosialisasi terbatas beberapa orang guru kimia SMA. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa, LKS berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:36
Last Modified: 25 Jun 2020 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item