Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran lnkuiri pada Hokum Newton Gravitasi dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA.

Yuliana, Diza (2019) Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran lnkuiri pada Hokum Newton Gravitasi dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DIZA_YULIANA_14033082_3957_2019.pdfA.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi sains siswa, multimedia yang digunakan dalam pembelajaran belum memfasilitasi siswa untuk meningkatkan literasi sains siswa dan pembelajaran yang dilakukan masih cendrung berpusat pada guru. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas dari multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri dan RPP pada materi hukum newton gravitasi dan getaran harmonik sederhana untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas X SMA. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek dari penelitian ini adalah multimedia fisika berbasis konstruktivis dan RPP yang diuji cobakan kepada siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah instrument analisis buku, instrument respon guru terhadap pelaksanaan pembelajaran, instrument respon kebutuhan siswa, instrument validitas, instrument praktikalitas dan instrument tes literasi sains. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdiri atas tiga hasil. Pertama, multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri dan RPP memiliki kriteria sangat valid dengan nilai 82 dan 82,5. Kedua, penggunaan multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri sangat praktis dengan nilai rata-rata responden guru 90 dan nilai responden siswa terhadap multimedia dikatan praktis dengan nilai 74,2 serta nilai RPP menurut respon guru dikatakan sangat praktis dengan nilai 93. Ketiga, penggunaan multimedia fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:36
Last Modified: 25 Jun 2020 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27344

Actions (login required)

View Item View Item