Analisis Kesesuaian Materi Fisika untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII.

Wulandari, Amira Tiara (2019) Analisis Kesesuaian Materi Fisika untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami pada Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X, XI dan XII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_AMIRA_TIARA_WULANDARI_15033027_3355_2019.pdfA.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami bencana alam. Upaya mitigasi bencana yang hams dilakukan yaitu menambahkan pengetahuan dan pemahaman tentang bencana melalui pendidikan. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah mata pelajaran Fisika. Pembelajaran Fisika yang terintegrasi dengan materi Tsunami cocok sekali diterapkan di Indonesia terutama daerah Sumatera Barat. Keterlaksanaan kurikulum 2013 tergantung pada keterlaksanaan Standar Isi yang menjadi celah untuk mengintegrasikan materi Fisika dengan materi Tsunami dan Standar Sarana dan Prasarana yaitu buku teks pelajaran. Perlu adanya pengembangan buku teks pelajaran yang terintegrasi dengan materi Tsunami. Namun sebelum mengintegrasikan materi Tsunami dengan materi Fisika, perlu adanya analisis untuk melihat materi Fisika yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi Fisika pada buku teks pelajaran Fisika SMA/MA kelas X, XI dan XII dengan materi Tsunami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran Fisika SMA/MA kelas X, XI dan XII yang diterbitkan di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran Fisika SMA/MA edisi revisi 2016 kelas X, XI dan XII yang diterbitkan oleh Erlangga. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penilaian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuain materi Fisika dengan materi Tsunami untuk kelas X semester 1 adalah cukup sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan konseptual dengan persentase 3 7%. Ke las XI semester 2 adalah saggat sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan konseptual dengan persentase 68%. Kelas XI semester 1 adalah kurang sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan konseptual dengan persentase 30%. Kelas XI semester 2 adalah sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan faktual dengan persentase 47%. Kelas XII semester 1 adalah kurang sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan faktual dengan persentase 28%. Kelas XII semester 2 adalah cukup sesuai, pada semester ini kesesuaian paling tinggi pada pengetahuan konseptual dengan persentase 3 7%. Kemudian semester yang tingkat kesesuaiannya sangat sesuai adalah semester 2 kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:35
Last Modified: 25 Jun 2020 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item