Pengembangan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web

Soniawan, Fiqri (2019) Pengembangan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FIQRI_SONIAWAN_17155002_5955_2019.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemui pada perkuliahan Pembelajaran Berbasis Web Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang adalah kurangnya waktu yang disediakan untuk menyelesaikan pertemuan tatap muka dalam pembahasan materi perkuliahan. Dosen yang memiliki mobilitas tinggi menjadikan perkuliahan tidak terlaksana dengan optimal. Penggunaan model blended learning sebelumnya masih belum optimal sehingga untuk mencapai tujuan pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan model pembelajaran blended learning mata kuliah Pembelajaran Berbasis Web (PBW) untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan memformulasikan proses pengembangan model pembelajaran blended learning mata kuliah PBW yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model AIDM yang meliputi tahap analisis tahap Analysis Stage, Evaluation Planning Stage, Concurent Design Stage, Implementation Stage. Sumber data penelitian ini adalah validator model, materi media dan bahasa berupa angket validitas serta dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan S2 Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang pada mata kuliah Pembelajaran Berbasis Web. Hasil penelitian didapatkan dari uji validitas 4 aspek yaitu aspek model sangat valid, materi valid, media sangat valid dan Bahasa valid. Selanjutnya uji praktikalitas respon dosen dan mahasiswa. Sedangkan uji efektivitas dilihat dari hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa. Hasil rata-rata validitas produk mendapat nilai 88,3% kategori sangat valid, ratarata praktikalitas respon mahasiswa 94,7% kategori praktis. Rata-rata praktikalitas respon dosen 93,8% kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari aktivitas mahasiswa 90,00% kategori sangat efektif dan hasil belajar didapat dari data pretest dan posttest diperoleh perhitungan Paired t-tes thitung >ttabel, yaitu 9,693 > 2,306 pada taraf signifikan α 0,05. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning mata kuliah PBW valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses perkuliahan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:03
Last Modified: 25 Jun 2020 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27338

Actions (login required)

View Item View Item