An Analysis of the Second Year Students'Ability of SMAN 3 Sijunjung in Transferring Active Voice into Passive Voice in Simple Sentence

Lesmana, Niki (2020) An Analysis of the Second Year Students'Ability of SMAN 3 Sijunjung in Transferring Active Voice into Passive Voice in Simple Sentence. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NIKI_LESMANA_15018100_955_2020.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tahun kedua SMAN 3 Sijunjung dalam mentransfer suara aktif menjadi suara pasif dalam kalimat sederhana. Penelitian ini terbatas pada kemampuan siswa dalam mentransfer suara aktif menjadi suara pasif dalam simple past tense dan present tense. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SMAN 2 Sijunjung. Populasi berjumlah 96 siswa dari 3 kelas, XI IPA, XI IPS 1 and XI IPS2. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 29 sampel. Instrumen yang digunakan adalah grammar tes selama 60 menit. Berdasarkan penelitian ini, kemampuan siswa tahun kedua SMAN 3 Sijunjung dalam mentransfer kalimat aktifmenjadi kalimat pasif masuk dalam kategori B (good/baik). Meskipun kemampuan siswa dalam mentrasfer kalimat aktif ke pasif masuk dalam kategori B(good/baik), namun ada beberapa soal yang belum dimengerti siswa cara penulisannya. Dapat dilihat bahwa 85% siswa menjawab salah berdasarkan penempatan subject, 84% siswa menjawab salah berdasarkan penggunaan to be , 72% siswa menjawab salah berdasarkan perubahan kata kerja. Siswa diharapkan lebih memahami bagaimana mentransfer kalimat aktif ke pasif dengan memperhatikan unsur pembentuk kalimat dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2021 07:54
Last Modified: 24 Mar 2021 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27336

Actions (login required)

View Item View Item