Pengaruh Penambahan Ampas Kopi (Coffea Arabica l.) Sebagai Nutrisi Hidroponik pada Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (brassica rapa l.)

Yulita, Tesa Aprillia (2019) Pengaruh Penambahan Ampas Kopi (Coffea Arabica l.) Sebagai Nutrisi Hidroponik pada Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (brassica rapa l.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_TESA_APRILLIA_YULIA_15032054_3054_2019.pdfA.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan tanaman subtropis yang pada saat ini sudah dibudidayakan di Indonesia, karena sempitnya lahan pertanian mengakibatkan masyarakat sulit untuk melakukan kegiatan bercocok tanam pakcoy. Inovasi yang dapat dijadikan solusi adalah dengan cara bercocok tanam secara hidroponik. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan air yang berisi larutan nutrisi. Salah satu nutrisi yang dapat digunakan adalah nutrisi yang berasal dari ampas kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas, kopi ( Co.ffea arabica L.), penambahan AB mix, serta interaksi antara ampas kopi dan AB mix sebagai nutrisi hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dilakukan pada bulan Maret 2019 sampai Mei 2019, di Laboratorium Penelitian dan Rumah Kawat Biologi FMIPA UNP. Perlakuan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm"), berat basah tanaman (g) dan berat kering tanaman (g). Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varians (ANOVA) dan di uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa penambahan ampas kopi ( Co.ffea arabica L.), penambahan AB mix, serta interaksi antara ampas kopi dan AB mix terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Pertumbuhan tidak sebanding dengan perlakuan AB mix, pertumbuhan dengan perlakuan ampas kopi lebih rendah dibandingkan AB mix. Key word: Ampas Kopi (Coffea arabica L), Hidroponik.Pakcoy (Brassica rapa. L) pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:54
Last Modified: 25 Jun 2020 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item