Pengaruh Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Tari pada Kelas VIII 1 di UPT SMP N 2 X Koto

Muryenti,, Sri (2020) Pengaruh Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Tari pada Kelas VIII 1 di UPT SMP N 2 X Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SRI_MURYENTI_15023150_400_2020.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Tari pada Kelas VIII I di UPT SMP N 2 X Koto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, menyeleksi data, menyajikan data dan menguji data, kemudian diinterpretasi dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran seni budaya (tari). Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Indikator yang dapat dirujuk untuk menyatakan adanya pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni tari di SMP N 2 X Koto adalah bahwa adanya perubahan energi dari yang lemah (kurang semangat) atau kurang responsif dan kurang kesungguhan meningkat menjadi reaktif dan telah munculnya kesungguhan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:33
Last Modified: 05 Apr 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27325

Actions (login required)

View Item View Item