Pengaruh Penambahan Ampas Kopi( Coffea arabica L) pada Nutrisi Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea L).

Evanzil, Perdana (2019) Pengaruh Penambahan Ampas Kopi( Coffea arabica L) pada Nutrisi Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassicajuncea L). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_PERDANA_EVANZIL_15032078_3193_2019.pdfA.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Sayuran merupakan tanaman holtikultura dan berperan sebagai bahan pangan manusia yang memiliki banyak manfaat. Sawi (Brassica juncea L.) merupakan sayuran yang banyak digemari oleh penduduk Indonesia, banyaknya lahan pertanian yang digunakan untuk membuat pemukiman menyebabkan lahan pertanian menjadi sempit. Altematif yang dapat dijadikan solusi adalah dengan cara bercocok tanam secara hidroponik. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa media tanah, namun menggunakan media air dan menggunakan unsur hara sebagai nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.. Salah satu nutrisi yang dapat digunakan adalah nutrisi yang berasal dari ampas kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas, kopi ( Coffea arabica L.), penambahan AB Mix, serta interaksi antara ampas kopi dan AB Mix sebagai nutrisi hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassicajuncea L.) . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dilakukan pada bulan Maret 2019 sampai Mei 2019, di Laboratorium Penelitian dan Rumah Kawat Biologi FMIPA UNP. Perlakuan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Parameter pengamatan utama meliputi Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun (helai), Luas Daun (cm2), Berat Basah Tanaman (g) dan Berat kering Tanaman (g). Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varians (ANOVA) dan di uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa pemberiann ampas kopi ( Co.ffea arabica L.) , pemberian AB Mix, serta interaksi antara ampas kopi dan ab mix berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:54
Last Modified: 25 Jun 2020 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27324

Actions (login required)

View Item View Item