Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Model Eleciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP

Nurlaili, Nurlaili (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Model Eleciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
03_NURLAILI_14205038_4875_2017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh peserta didik kurang memahami masalah – masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di sekelilingnya. Selain itu kurang tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat menfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase. Fase pertama adalah fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik analisis konsep. Pada fase kedua yaitu fase prototype dilakukan perancangan RPP dan LKPD berbasis Pendekatan MEAs, kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan produk berupa RPP dan LKPD berbasis Pendekatan MEAs. Pada fase ketiga yaitu asessment phase dilakukan penilaian dengan uji praktikalitas dan efektivitas. Keefektivan dilihat melalui test akhir kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Sedangkan data praktikalitas dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket guru dan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan rumus statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan MEAs yang dikembangkan telah valid karena memenuhi karakteristik kevalidan baik dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran juga telah memenuhi kriteria praktis yaitu adanya kemudahan dalam penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan MEAs bagi peserta didik dan guru. Selain itu berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan MEAs efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item