Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Teknik Produksi & Pemograman NC

Indrawan, Eko (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Teknik Produksi & Pemograman NC. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_EKO IDRAWAN_14193006_2020.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pengembangan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 harus disesuaikan perkembangan teknologi kekinian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Teknik Produksi & Pemograman NC yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan diadaptasi dari Plomp yang memiliki tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, prototipe, penilaian. Uji validitas model dengan Focus Group Discussion (FGD) dan uji pakar. Uji praktikalitas melalui penilaian dosen dan mahasiswa. Uji efektivitas dilakukan melalui penilaian dengan teknik Pretest dan Posttest pada mahasiswa Teknik Mesin FT-UNP dengan ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen yang digunakan angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas, soal bentuk objektif. Analisis data menggunakan V Aiken untuk validasi produk, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil analisis data pada penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis proyek yang didukung oleh buku model, modul ajar, buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa. Sintak model pembelajaran terdiri dari delapan langkah, yaitu: (1) Pemahaman konsep teoritis mata kuliah teknik produksi & pemograman NC, (2) Mengorganisasi dan membimbing mahasiswa dalam kelompok kerja, (3) Mendesain gambar kerja proyek dan penyusunan proposal proyek, (4) Mempresentasikan tugas proyek, (5) Mengonsep dan mensimulasikan program untuk penyelesaian Proyek, (6) Pengerjaan proyek dan memonitor pelaksanaan kerja proyek, (7) Melakukan penilaian hasil pemograman dan kerja proyek, (8) Melakukan Evaluasi Pembelajaran Teknik Produksi dan Pemograman NC. Validitas produk dalam kategori valid, sedangkan praktikalitas penilaian dosen katgori sangat praktis dan mahasiswa katagori praktis. Sementara untuk penilaian efektifitas pada aspek kognitif, afektif, psikomotor sangat efektif. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek ini memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji sehingga layak digunakan pada mata kuliah Teknik Produksi & Pemograman NC. Implikasi dari penelitian ini dapat mengoptimalkan peningkatan peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:39
Last Modified: 25 Jun 2020 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item