Kajian tentang Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran Biologi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 22 Padang.

Wulandari, Witri (2019) Kajian tentang Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran Biologi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WITRI_WULANDARI_1205589_3206_2019.pdfA.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Minat belaj ar adalah suatu keadaan belaj ar yang mendorong seseorang yang sedang belajar mempunyai perhatian terhadap sesuatu yang diajarkan padanya disertai dengan keinginan baik untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut materi yang diajarkan kepadanya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi siswa untuk dapat berkualitas dalam proses pembelajaran adalah minat belajar siswa. Minat belajar juga bergantung pada faktor-faktor lainnya seperti; perhatian, keingintahuan, motivasi, kebutuhan dan lain-lainnya. Namun demikian minat belajar dapat mempengaruhi keadaan pencapaian hasil belajar seorang siswa dalam proses pendidikan. Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhi minat dikelompokkan menjadi dua, yaitu yang bersumber dari dalam diri (faktor internal) maupun yang berasal dari luar ( faktor ekstemal). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat belajar terhadap mata pelajaran biologi dan hubungannya dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N egeri 22 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sample penelitian berjumlah 56 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 46 butir pemyataan. Hasil penelitian menunjukkan gambaran mengenai minat belajar terhadap mata pelajaran biologi dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran biologi pada indikator berada pada kategori cukup baik. Hasil analisis korelasi antara minat belajar terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang adalah 0,51 dan tergolong cukup tinggi. Koefisien determinasi sebesar 26,01 % artinya minat belajar memberikan kontribusi sebesar 26,01 % terhadap hasil belajar. Dari uji t, diperoleh (thitung = 4,3 > ttabel = 1,67) maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang berarti antara minat belajar terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N egeri 22 Padang. Katakunci: Minat Be/ajar, Hasil Be/ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item