Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Adabiah Padang

Indrayani, Wita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WITRI_WULANDARI_1205589_3206_2019.pdfA.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMA Adabiah Padang yaitu proses pembelajaran biologi yang berlangsung berpusat kepada guru, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, belum menggunakan model pembelaj aran yang bermuatan literasi sains, dan kemampuan literasi sains yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran inkuiri bermuatan literasi di SMA Adabiah Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model inkuiri bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknis Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan basil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (87,33) dibandingkan kelas kontrol (82,47) dengan nilai thitung 4,86> ttabel 1,67, pada kompetensi sikap diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (75, 17) dibandingkan kelas kontrol (69,82) dengan nilai thitung 5,20> ttabel 1,67 dan pada kompetensi keterampilan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (89,53) dibandingkan kelas kontrol (86,97) dengan nilai thitung 3,86> ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item