Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test pada Materi Virus.

Adriani, Witri (2019) Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test pada Materi Virus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WITRI_ADRIANI_15031085_1496_2019.pdfA.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep harus dimiliki oleh peserta didik dalam menguasai materi biologi agar mampu menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Beberapa materi biologi yang bersifat abstrak menyebabkan peserta didik sulit memahami konsep dan berdampak pada kemampuan menyelesaikan masalah dan nilai ujian. Maka dari itu, perlu dilakukan identifikasi tingkat pemahaman peserta didik. Identifikasi tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi virus menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test bertujuan untuk mengetahui konsep materi virus yang dipahami, miskonsepsi, dan tidak dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Pertiwi 1 Padang pada materi virus. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang dengan jumlah 138 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test yang membagi pemahaman konsep dalam kriteria paham, tidak paham, menebak, dan miskonsepsi. Data penelitian dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik kelas X SMA Pertiwi 1 Padang pada materi virus yaitu tidak paham konsep sebesar 34,38%, paham konsep sebesar 24,29%, miskonsepsi utuh sebesar 23,29%, miskonsepsi false positif sebesar 6,82%, miskonsepsi false negatif sebesar 6, 15%, dan menebak sebesar 5,07%. Peserta didik paling banyak mengalami tidak paham konsep dengan kriteria rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item