Pengembangan LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi I Higher Order Thinking Skills pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia UntukKelas VIII SMP.

Suswita, Vinni Endah (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi I Higher Order Thinking Skills pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia UntukKelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_VINNI_ENDAH_SUSWITA_14031062_3359_2019.pdfA.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Salah satu tuntutan dari Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik atau yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Nyatanya berdasarkan hasil tes PISA pada tahun 2012 dan 2015, nilai kemampuan peserta didik Indonesia masih dibawah rata-rata. Salah satu penyebabnya yaitu tidak tersedianya bahan ajar berupa LKPD berbasis HOTS di sekolah. Seperti di SMPN 1 Padang, bahan ajar berupa LKPD berbasis HOTS belum tersedia khusunya pada materi Sistem Pencernaan pada Manusia. Untuk itu telah dikembangkan LKPD berbasis HOTS pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan model 4-D Models, yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Pada model ini hanya 3 tahap yang dilakukan sebab untuk melakukan tahap Disseminate terkendala waktu dan biaya. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap Develop LKPD divalidasi oleh 3 orang validator dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 31 orang peserta didik kelas VIII SMPN 1 Padang. Dari hasil uji validitas diperoleh LKPD dengan kriteria sangat valid dengan nilai 90,47 %. Kemudian berdasarkan hasil uji praktikalitas oleh guru, LKDP berbasis HOTS dinyatakan sangat praktis dengan nilai kepraktisan 95,83% dan berdasarkan hasil uji praktikalitas terhadap peserta didik dinyatakan praktis dengan nilai 87,61%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis oleh guru dan praktis oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item View Item