Hubungan MotivasI Belajar lntrinsik dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Adabiah Padang.

Doriverta, Nesya Putri (2019) Hubungan MotivasI Belajar lntrinsik dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NESYA_PUTRI_DORIVERTA_1503104_5606_2019.pdfA.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Kegiatan utama dalam proses pendidikan adalah kegiatan proses belajar dan mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi belajar peserta didik adalah motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sesuatu kekuatan yang mendorong peserta didik untuk mencapai tujuan belajar yang dikehendaki. Motivasi dalam penelitian ini adalah motivasi belajar intrinsik yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Hasil observasi di SMA Adabiah Padang menunjukkan bahwa motivasi belajar intrinsik peserta didik pada mata pelajaran Biologi masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi belajar intrinsik dengan kompetensi kognitif peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA Adabiah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan Oktober di kelas X IPA 1, XI IPA 3, dan XII IPA 4 SMA Adabiah Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel berjumlah 92 orang peserta didik yang berada pada pada tiga kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, dengan cara diambil secara acak satu kelas setiap angkatan yaitu kelas X IP A 1, XI IP A 3, dan XII IPA 4. Intrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasainya. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas X IP A 1 adanya korelasi yang sedang dengan nilai r= 0,55, koefisien thitung = 3,01 > ttabe1= 2,07. Kelas XI IPA 3 menunjukkan korelasi yang kuat dengan nilai r= 0,74, koefisien thitung= 6,32> ttabe1= 2,0. Kelas XII IPA 4 menunjukkan korelasi yang sedang dngan nilai r= 0,64, koefisien thitung 4,711> ttabel yaitu 2,036. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua kelas sampel terdapat hubungan yang siginifikan dan positif antara motivasi belajar intrinsik dengan kompetensi kognitif peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA Adabiah Padang. Kata kunci: Hubungan, Motivasi belajar intrinsik, Kompetensi kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27281

Actions (login required)

View Item View Item