Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah

Mudinillah, Adam (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ADAM_MUDINILAH_17155001_6094_2019.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran interaktif yang digunakan di sekolah pada umumnya masih kurang inovatif, hanya menggunakan media-media yang tersedia di lingkungan sekolah, dan belum memanfaatkan teknologi. Media pembelajaran belum menuntun siswa belajar secara mandiri. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efetivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire dalam pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya jelas disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya Tarik serta minat siswa untuk belajar Bahasa Arab. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 85,8%, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Lectora Inspire yang dikembangkan untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:36
Last Modified: 24 Jun 2020 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

View Item View Item