Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X.

Masyitoh, Masyitoh (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MASYITOH_15031056_3519_2019.pdfA.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan peserta didik untuk mampu berpikir lebih kritis dan kreatif. Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir tingkat tinggi dibandingkan hanya menerima informasi, namun peserta didik harus mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan pengetahuan yang dimiliki. Hasil analisis soal ulangan harian peserta didik, didapatkan bahwa instrumen penilaian yang digunakan guru masih belum menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu perlu dikembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi perubahan lingkungan untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi perubahan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah 35 orang peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 12 Padang. Data pada penelitian ini berupa data hasil validitas, praktikalitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen penilaian yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini berupa 36 butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi perubahan lingkungan yang valid, praktis, reliabel dan kualitas item yang baik. Instrumen yang dikembangkan memiliki nilai validitas logis sebesar 83,82%, dan validitas sebesar 0,45 dengan kategori valid. Nilai praktikalitas sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis. Reliabilitas soal adalah 0,84 dengan kategori sangat praktis, tingkat kesukaran sedang serta memiliki daya pembeda cukup, baik dan baik sekali. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, instrumen yang sudah memenuhi syarat dapat digunakan sebagai instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:42
Last Modified: 24 Jun 2020 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27277

Actions (login required)

View Item View Item