Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMPN 1 Payakaumbuh.

Oktavani, Febi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMPN 1 Payakaumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FEBI_OKTAVANI_15031066_3387_2019.pdfA.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran di SMPN 1 Payakumbuh yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, dan rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bermuatan literasi sains pada materi pemanasan global di SMPN 1 Payakumbuh. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi pemanasan global di SMPN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian adalah kelas VII SMPNl Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan hasil pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 2,50> ttabeil ,66, pada kompetensi keterampilan thitung2,60 > 1,66 ttabel, dan pada kompetensi sikap didapatkan kelas eksperimen 86% dengan kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol 73% dengan kategori cukup. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik pada materi pemanasan global di SMPN 1 Payakumbuh. Kata kunci: Kooperatif Tipe Make a Match, Literasi Sains, Kompetensi Be/ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:35
Last Modified: 24 Jun 2020 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item