Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Kemiskinan Rumah Tangga di Kota Padang pada Tahun 2017 Menggunakan Analisis Regresi Probit.

Yuriani, Riska (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Kemiskinan Rumah Tangga di Kota Padang pada Tahun 2017 Menggunakan Analisis Regresi Probit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RISKA_YURIANI_16037043_3151_2019A.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator untuk melihat perkembangan tingkat kesejahteraan suatu negara adalah dari perkembangan kondisi kemiskinan suatu negara tersebut. Semakin menurunnya tingkat kemiskinan yang ada dapat disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di negara tersebut meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk model regresi probit pada faktor­ faktor yang mempengaruhi status kemiskinan rumah tangga, mendeskripsikan faktor­faktor yang mempengaruhi status kemiskinan rumah tangga, dan peluang dari faktor­faktor yang mempengaruhi status kemiskinan rumah tangga di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari Survei Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan pusat statistik kota padang tahun 2017 yang berjumlah 747 rumah tangga. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi probit. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor­faktor yang mempengaruhi status kemiskinan rumah tangga di Kota Padang tahun 2017 adalah: cp-1(Pa = ­1,69 ­ 0,86 X3 + 0,59 X5 Dari model tersebut dapat diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi status kemiskinan rumah tangga secara signifikan adalah jumlah anggota rumah tangga (X3) danjenis kelamin kepala rumah tangga (Xs). Peluang tertinggi dari faktor­faktor yang mempengaruhi status rumah tangga miskin adalah rumah tangga yang memiliki jumlah anggota rumah tangga kurang atau sama dengan empat dan kepala keluarga yang berj enis kelamin perempuan yang memiliki peluang sebesar 13 ,56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:09
Last Modified: 23 Jun 2020 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item View Item