Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang Tahon Pelajaran 2018/2019.

Hasanah, Uswatun (2019) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang Tahon Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_USWATUN_HASANAH_15029086_1909_2019.pdfA.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang hams dicapai oleh peserta didik. Namun kegiatan pembelajaran di sekolah belum optimal memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemecahan masalah matematis peserta didik selama diterapkannya model PBL. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII B terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah soal kuis untuk setiap pertemuan dan tes akhir pemecahan masalah matematis yang menggunakan rubrik penskoran dan hipotesis statistik menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, nilai kuis peserta didik untuk 6 pertemuan mengalami kenaikan kecuali pada kuis ke-5, disimpulkan bahwa perkembangan pemecahan masalah matematis peserta didik selama diterapkan model PBL mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh P-value = 0,001,maka dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model PBL lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27231

Actions (login required)

View Item View Item