Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh

Huda, Syafira Nurul (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYAFIRA_NURUL_HUDA_15029084_3711_2019.pdfA.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai. Namun kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran di kelas yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran generatif lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian deskriptif dan quasy experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 dan VIII.5. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,001, karena P-value < a maka Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item