Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Padang Panjang.

Mujahid, Ridho (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIDHO_MUJAHID_1301380_3624_2019.pdfA.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 5 Padang Panjang masih rendah. Salah satu penyebabnya karena pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal dalam mengembangkan kemampuan komunikasi peserta didik. Melalui penelitian ini diselidiki pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 5 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 5 Padang panjang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian. Data perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dideskripsikan melalui data hasil kuis yang diberikan selama penelitian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan PMR lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik pada kelas VII SMPN 5 Padang Panjang. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR mengalami peningkatan untuk indikator melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti secara benar dan logis terhadap solusi, dan menarik kesimpulan dari pemyataan pada tiap pertemuannya selama penelitian. Untuk indikator menyajikan pemyataan matematika secara tertulis, gambar dan diagram, terjadi penurunan rata-rata skor pada pertemuan kelima. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR mengalami peningkatan untuk masing-masing indikator komunikasi matematis selama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27226

Actions (login required)

View Item View Item