Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Sang Profesor Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Padang.

Fhadzilah, Rafidah (2019) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Permainan Sang Profesor Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAFIDAH_FHADZILAH_14029089_3329_2019.pdfA.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang masih bersifat teacher center, sehingga menyebabkan peserta didik hanya menerima tanpa memahami dengan jelas maksud dan tujuan pembelajaran dengan baik. Solusi yang diberikan dengan menerapkan pendekatan Konstruktivisme dengan permainan Sang Profesor, maka peserta didik akan dilatih dan diajarkan membangun pengetahuan secara mandiri agar pembelajaran lebih bermakna dan dapat dipahami dengan baik. Untuk meningkatkan minat dan keaktifan dalam proses pembelajaran maka guru menginisiatifkan permainan yang dapat menarik perhatian peserta didik, salah satunya dengan permainan Sang Profesor. Permainan ini dapat pahami apabila guru memberikan kepercayaan kepada peserta didik, ia akan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan Konstruktivisme dengan permainan Sang Profesor dapat meningkatkan hasil belaj ar matematika peserta didik kelas VII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 10 Padang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling dengan undian, dan diperoleh kelas VII.F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.G sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan Konstruktivisme dengan permainan Sang Profesor dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan analisis terhadap hasil tes akhir dengan menggunakan software Minitab, diperoleh P-value = 0,001, maka tolak Ho yang berarti hasil belaj ar peserta didik dengan penerapan pendekatan Konstruktivisme dengan permainan Sang Profesor lebih baik daripada hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 10 Padang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penerapan yang dilakukan. Kata kunci-Pendekatan Konstruktivisme,permainanSang Profesor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27225

Actions (login required)

View Item View Item