Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Padang

Hayati, Nurfajri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURFAJRI_HAYATI_15029074_5511_2019.pdfA.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang hams dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMPN 23 Padang diperoleh pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model penemuan terbimbing lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional dan untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas VIII 3 dan VIII 4. Instrumen penelitian ini berupa kuis yang dilakukan setiap pertemuan di kelas eksperimen dan tes akhir pemahaman konsep yang berbentuk soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata kuis pada setiap pertemuan meningkat kecuali pada pertemuan kelima, sedangkan dari hasil analisis tes pemahaman konsep matematis pada taraf nyata a= 0,05 diperoleh P-value = 0,00, karena P-value < a maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model penemuan terbimbing lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing memberikan pengaruh baik terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

View Item View Item