Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman.

Riski, Efrina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFRINA_RISKI_15029095_3179_2019.pdfA.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki peran yang sangat penting yang diperlukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep tersebut harusnya dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VIII SMPN 2 Pariaman belum melibatkan peserta didik secara optimal dalam proses penemuan konsep, sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik belum berkembang dengan baik. Di samping itu, partisipasi atau peran aktif peserta didik dalam pembelajaran juga terlihat masih kurang. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematispeserta didik. Altematif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut di atas adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional VIII SMPN 2 dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas VIII SMPN 2 Pariaman. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan basil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:16
Last Modified: 23 Jun 2020 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27219

Actions (login required)

View Item View Item