Pengembangan Bahan Ajar Literasi Sains dengan Menggunakan Strategi Graphic Organizer for Science sebagai Upaya Penanaman Sikap Ilmiah Siswa SD

Arlis, Syamsu and Amerta, Sri and Indrawati, Tin and Zuryanty, Zuryanty (2018) Pengembangan Bahan Ajar Literasi Sains dengan Menggunakan Strategi Graphic Organizer for Science sebagai Upaya Penanaman Sikap Ilmiah Siswa SD. Project Report. PGSD FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_163_lapakh_LaporanAkhirSyamsuArlisFinish.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran literasi sains Indonesia sudah mengalami peningkatan walaupun masih di bawah rata-rata negara OECD. Rendahnya kemampuan sains Indonesia disebabkan jarangnya pembelajaran sains yang diarahkan kepada keterampilan proses yang membiasakan siswa berpikir kritis. Rendahnya literasi sains siswa SD Indonesia di mata dunia yang menandakan rendahnya pemahaman siswa tentang sains menjadi tugas khusus yang harus diatasi oleh praktisi pendidikan di Indonesia. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan inovasi dan pengembangan literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science sebagai upaya penanaman sikap ilmiah siswa SD yang perlu direalisasikan dalam kehidupan nyata siswa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan siswa dalam pengembangan dan menyusun bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science di SD, (2) mengembangan bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science di SD, dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengimplementasian pengembangan literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science sebagai upaya penanaman sikap ilmiah siswa SD. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama, mengkaji deskripsi analisis kebutuhan siswa dalam pengembangan dan menyusun bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science sebagai upaya penanaman sikap ilmiah siswa SD. Tahun pertama menghasilkan produk berupa bahan ajar analisis kebutuhan siswa dalam pengembangan dan menyusun bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science sebagai upaya penanaman sikap ilmiah siswa SD. Metode pengembangan literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science sebagai upaya penanaman sikap ilmiah siswa SD yang digunakan yaitu model Plomp (preliminary research, prototyping phase, dan assesment stage). Model Plomp yang digunakan pada tahun pertama dapat mengetahui kebutuhan siswa pada tahap preliminary research. Tahap berikutnya, pada prototyping phase menghasilkan desain prototype dengan self evaluation, dan expert review evaluation. Tahun kedua, bahan ajar diujicoba dengan metode one to one evaluation. Hasil evaluasi dilanjutkan dengan ujicoba dengan metode small group dan fielt test evaluation untuk mengetahui praktikalitas. Tahap terakhir, pada assesment stage dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation untuk mengetahui efektivitas. Temuan penelitian tahun pertama telah melakukan analisis pendahuluan, yaitu berupa analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisi kebutuhan. Hasil penelitian yaitu dihasilkan prototipe bahan ajar literasi sains yang sudah valid. Bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizer for science dirancang menggunakan gradasi warna dan gambar yang mendukung materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:49
Last Modified: 22 Jun 2020 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27203

Actions (login required)

View Item View Item