Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas

Ramadhan, Zicrie (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ZICRIE_RAMADHAN_14016056_467_2020.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 218 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks deskripsi dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks deskripsi sebesar 79,17. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 82,56. Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara hubungan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima karena t hitung>t tabel yaitu 2,509>1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengana keterampilan menulis teks deskripsi memiliki hubungan pada taraf siginifikan 95% yaitu t hitung>t tabel dengan dk=n-1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:57
Last Modified: 22 Jun 2020 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item View Item