Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Zikri, Hasnuz (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_HASNUZ_ZIKRI_15016039_1310_2020.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 256 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari populasi siswa perkelas, yaitu 48 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 79,86. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung sebesar 83,33. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 2,468 > 1,68. Hasil uji-t menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman memiliki hubungan dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Hipotesis kerja (H1) yang berbunyi “terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks siswa kela VII SMP Negeri 25 Padang” diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:56
Last Modified: 22 Jun 2020 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27193

Actions (login required)

View Item View Item