Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang

Wulandari, Erika (2020) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ERIKA_WULANDARI_14016056_467_2020.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang sebelum menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 286 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan standar deviasi dari sembilan kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks prosedur. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang sebelum menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,76. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,52. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (6,25 > 1,70). Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur terlihat bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan model project based learning berbantuan media gambar berseri memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Kata Kunci : Pengaruh, Model Project Based Learning, Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Teks Prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:24
Last Modified: 22 Jun 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27189

Actions (login required)

View Item View Item