Pengaruh Nilai Kearifan Lokal, Kepribadian, dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Pelayanan Publik PNS di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi

Vivioli A, Annisa (2017) Pengaruh Nilai Kearifan Lokal, Kepribadian, dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Pelayanan Publik PNS di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ANNISA_VIVIOLI_A_14208005_2019_2017.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian inidilatar belakangi oleh nilai karifan lokal yang berkembang di dalam masyarakat Minangkabau,kepribadian PNS, dan budaya kerja PNS yang mempengaruhimotivasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui sejauh mana pengaruh kearifan lokal, kepribadian, dan budaya kerja terhadap motivasi pelayanan publik PNS di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan variabel eksogen yaitu variabel nilai kearifan lokal (X1), kepribadian (X2), variabel budaya kerja (X3) dan variabel endogen yaitu motivasi pelayanan publik(Y). Populasi penelitian ini adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi yang berjumlah 41 orang. Sampel diperoleh melalui penggunaan total sampling, dengan standar error 5%, sehingga responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu berjumlah 41 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket yang telah divalidasi dan direliabilitas terlebih dahulu baik konten maupun uji empirik item di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Nilai kearifan lokal berpengaruh terhadap motivasi pelayanan publik PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi. Dengan demikian hipotesis 1 didukung. 2) Kepribadian berpengaruh berpengaruh terhadap motivasi pelayanan publik PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi. Maka hipotesis 2 didukung. 3) Budaya kerja berpengaruh terhadap motivasi pelayanan publik PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi. Hal ini menunjukkan hipotesis 3 didukung. 4) Nilai kearifan lokal, kepribadian dan budaya kerja secara simultan berpengaruh terhadap motivasi pelayanan publik PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bukittinggi. Oleh karena itu hipotesis 7 didukung. Kendala yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dalam memberikan motivasi pelayanan publik yaitu masih kurangnya kualitas dan kuantitas SDM yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan. Upaya yang dilakukan oleh pimpinan dalam memberikan motivasi pelayanan publik bagi pegawai adalah dengan memberikan uang lelah dan melayani hotline service bagi masyarakat yang membutuhakn informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:19
Last Modified: 23 Jun 2020 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27168

Actions (login required)

View Item View Item