Efektifitas Permainan Papan Gantung Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak­ kanak Villa Beta Tabing Padang.

Yanisa, Yanisa (2020) Efektifitas Permainan Papan Gantung Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak­ kanak Villa Beta Tabing Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YANISA_15022058_1535_2020.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk melihat keefektifan permainan papan gantung huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan pengamatan di Taman Kanak­ kanak Villa Beta terhadap kemampuan membaca anak, terlihat kemampuan membaca pada anak kurang berkembang, masih ada sebagian anak yang belum memahami dan mengenal huruf vokal, huruf konsonan, bahkan belum mampu membedakan bentuk huruf yang hampir sama. Oleh karena itu, melalui permainan papan gantung huruf ini kemampuan membaca anak akan meningkat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre­eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah anak murid di Taman Kanak­kanak Villa Beta Tabing Padang, yang berjumlah 12 orang anak. Dalam penelitian ini sample yang peneliti gunakan adalah sampling j enuh yaitu pengambilan seluruh populasi untuk dijadikan sample karena jumlah populasi kurang dari 30. Untuk pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Sedangkan untuk pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan papan huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal ini terlihat dari dari perbandingan hasil rata­rata nilai pretest yaitu 12,58, sedangkan hasil nilai rata­rata posttest yaitu 22,33. Dari perbandingan tersebut dilihat terjadinya peningkatan nilai rata rata pretest ke posttest. Untuk mengetahui besamya efektifitas permainan papan gantung huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini dapat dilihat pada nilai effect sizenya, nilai effect size penelitian ini adalah sebesar 3,29 yang berarti permainan papan gantung huruf ini efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Permainan Papan Gantung Huruf, Taman Kanak­kanak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 06:50
Last Modified: 19 Jun 2020 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27163

Actions (login required)

View Item View Item