Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sains anak di Taman Kanak-kanak Bahari Padang.

Ritonga, Putri Mardiyah (2020) Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sains anak di Taman Kanak-kanak Bahari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_PUTRI_MARDIYAH_RITONGA_15022015_319_2020.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang ditemukan di Taman Kanak­ kanak Bahari Padang yaitu Kemampuan Sains anak belum berkembang secara optimal. Anak lebih cenderung tidak aktif atau disebut dengan pasif dalam pembelajaran, anak juga terlihat jenuh dalam pembelajaran, Kemampun sains yang dimiliki anak belum optimal. Kurang bervariasinya kegiatan yang dirancang guru untuk mengembangkan kemampuan sains anak serta pendekatan yang diberikan guru dalam pembelajaran sains kurang memotivasi anak untuk belajar .. Anak mengalami kejenuhan dalam belajar sehingga kemampuan sains anak kurang berkembang secara optimal.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Sains di Taman Kanak­kanak Bahari Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa Taman Kanak­Kanak Bahari Padang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas B 1 dan kelas B4 masing­masingnya berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen penelitian kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t­ test). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji independent sample t­ test yang sebelumnya dilakukan uji N­Gain score, diperoleh nilai rata­rata kelas kontrol 3.3333 dan untuk kelas eksperimen di peroleh rata­rata 8.3333 berarti terdapat perbedaan yang signifikan dan juga berdasarkan output dari uji independent sample t­test dengan SPSS menunjukan nilai sig (2­tailed) 0,00 > 0,05 artinya terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara perlakuan yang diberikan guru dikelas kontrol dan perlakuan pendekatan sainstifik di kelas eksperimen selain itu, hasil uji pengaruh atau effect size dengan uji cohen' d s juga diperoleh hasil 3,41927101 atau dibulatkan 3,4, yang berarti tingkat pengaruhnya sangat tinggi. Berdasarkan analisis hasil uji hipotesis dengan uji t­test disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kegiatan Pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan sains anak di TK Bahari Padang. KataKunci: PendekatanSaintifik , Kemampuan Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 06:50
Last Modified: 19 Jun 2020 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item