Efektivitas Permainan Lari Estafet Modifikasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar pada Anak Ditaman Kanak-Kanak Bahari Pasir Kandang.

Putri, Meylani Eka (2020) Efektivitas Permainan Lari Estafet Modifikasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar pada Anak Ditaman Kanak-Kanak Bahari Pasir Kandang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MEYLANI_EKA_PUTRI_15022100_1512_2020.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Melatih motorik kasar dapat meningkatkan dan mengontrol gerakan tubuh anak yang terkoordinasi, dan juga meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup yang sehat, sehingga menunjang pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat dan terampil menjadi sebuah tujuan khusus dalam mengembangkan motorik kasar anak. Penelitian yang berjudul " Efektivitas Permainan Lari Estafet Modifikasi Utuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak di Taman Kanak-kanak Bahari Pasir Kandang" memiliki rumusan masalah seberapa efektif permainan lari estafet modifikasi untuk meningkatkan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Bahari Pasir Kandang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan lari estafet modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Bahari Pasri Kandang. Kegiatan permainan lari estafet modifikasi yang dilakukan , diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Dimana populasi penelitian seluruh anak di Taman Kanak-kanak Bahari Pasir Kandang yang berjumlah 60 anak. Kelas B2 adalah sampel sebagai kelas eksperimen dan B3 sebagai sampel kelas kontrol setiap kelas berjumlah 12 anak dengan teknik penelitian cluster sampling dan teknik pengumpulan data dengan tes perbuatan dan alat pengumpulan data menggunakan lembaran pemyataan dan kemudian data diolah dengan uji (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas serta juga dengan uji N-Gain score. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 6,4739 dan kelas kontrol 2,9216 dan hasil uji pengaruh atau effect size, 2,82174. Maka berdasarkan analisis hasil uji hipotesis serta dilakukan uji pengaruh atau effect size, bahwa permainan lari estafet modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak meningkat. Katakunci: permainanlari estafet modifikasi, motorikkasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 06:50
Last Modified: 19 Jun 2020 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27158

Actions (login required)

View Item View Item