Pengenalan Bahasa lnggris dengan Story Telling melalui Film Animasi pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang.

Oktaviani, Lola (2020) Pengenalan Bahasa lnggris dengan Story Telling melalui Film Animasi pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_LOLA_OKTAVIANI_15022028_107_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi masalah yang ditemukan di TK Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam. Adapun masalah yang ditemukan yaitu dalam kemampuan perkembangan bahasa anak pada kosakata Bahasa Inggris anak belum berkembang dengan baik, hal ini terlihat pada saat anak dalam melakukan proses pembelajaran, dan juga media yang digunakan kurang bervariasi sehingga perkembangan bahasa anak tidak berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Bahasa Inggris anak dengan Story Telling melalui Film Animasi pada perkembangan bahasa anak di TK Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh murid TK Fadhilah Amal 3 Tunggul Hitam Padang, yang berjumlah 43 anak. Teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampling, yaitu kelas B 1 (kelas kontrol) dan B3 (kelas eksperimen) yang masing- masing kelasnya berjumlah 15 orang. Adapun teknik pengumpulan data digunakan tes perbuatan guru, yang berupa pemyataan sebanyak 4 butir item pemyataan serta alat pengumpulan data digunakan lembar pemyataan yang berbentuk kisi-kisi instrumen. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil penelitian, Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16. Pada hasil Pre-test kemampuan pengenalan Bahasa Inggris dengan Story Telling anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Pre- test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 11, 73 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 11,27. Sedangkan, untuk hasil Post-test kemampuan pengenalan Bahasa Inggris dengan Story Telling anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen Post-test sebesar 13, 13, hasil ini berbeda dengan hasil Post-test pada kelas kontrol sebesar 11,60. Hal ini menunjukan tingginya nilai rata-rata pada Post-test di kelas eksperimen. Untuk uji paired sampel t-test pada kelas eksperimen nilai Pre-test dan Post- test dengan nilai korelasi sebesar 0,839 dengan tingkat signifikan sebesar 0,065. Tingkat pengaruh Pre-test pada kelas eksperimen dengan Post-test eksperimen dapat dilihat pada hasil nilai signifikansi yang ditunjukan pada hasil output paired sample test sebesar 0,005, hal ini menunjukan adanya pengaruh antara hasil Pre-test dangan Post-test pada kelas eksperimen. Sementara itu, untuk uji paired sampel t-test pada kelas kontrol, diperoleh hasil nilai korelasi antara hasil Pre-test kelas kontrol dengan hasil Post-test kelas kontrol dengan nilai korelasi sebesar 0,839 dengan tingkat signifikan sebesar 0,065. Tingkat pengaruh Pre-test pada kelas kontrol dengan Post- test kelas kontrol dapat dilihat pada hasil nilai signifikansi yang ditunjukkan pada hasil output paired sample test sebesar 0,042, hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara hasil Pre-test dangan Post-test pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 06:50
Last Modified: 19 Jun 2020 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item