Pengembangan Asesmen Kinerja Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Science Environment Technology Society (SETS) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik.

M Muslim, M Muslim (2017) Pengembangan Asesmen Kinerja Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Science Environment Technology Society (SETS) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
03_MUSLIM_M_15175025_2746_2017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Literasi peserta didik dapat diwujudkan melalui pendekatan scientific sesuai amanat Kurikulum 2013. Kenyataan yang terjadi adalah rendahnya literasi sains peserta didik yang dilakukan oleh penilaian PISA dan berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan peserta didik. Salah satu bentuk asesmen yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik adalah asesmen kinerja. Penelitian ini bertujuan menghasilkan asesmen kinerja berbasis model SETS untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran Fisika dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahap pengembangan meliputi penelitian analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Tahap analisis terdiri atas analisis awal akhir, analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis materi dan analisis tugas. Tahap perancangan meliputi pembuatan kisi-kisi pengembangan, pemilihan model pembelajaran, pemilihan media dan rancangan penilaian kinerja. Selanjutnya, pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas oleh ahli dan praktisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi. Tahap penerapan dilakukan uji praktikalitas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif dan sumatif melihat peningkatan literasi sains peserta didik yang terdiri dari empat dimensi. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa asesmen kinerja yang dihasilkan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa asesmen kinerja praktis digunakan. Uji efektifitas diperoleh melalui lembar penilaian terhadap empat dimensi literasi sains. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa asesmen kinerja efektif meningkatkan literasi sains peserta didik. Dengan demikian disimpulkan, asesmen kinerja berbasis model SETS valid, praktis dan efektif meningkatkan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:36
Last Modified: 24 Jun 2020 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item View Item