Kenyamanan Peserta Didik di Pondok Pesantren dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.

Nurfitri, Nurfitri (2020) Kenyamanan Peserta Didik di Pondok Pesantren dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURFITRI_15006023_15006023_1448_2020.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Kenyamanan di pondok pesantren merupakan suatu keadaan telah terpenuhinya kebutuhan dasar yang bersifat individual dan holistik. Kenyamanan dapat menyebabkan perasaan sejahtera dalam diri. Kenyamanan dan perasaan nyaman adalah penilaian komprehensif peserta didik terhadap lingkungannya. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan ada beberapa peserta didik yang kurang nyaman dengan kebersihan di pondok pesantren, beberapa peserta didik kurang nyaman dengan perlakuan senior, beberapa peserta didik kurang nyaman dengan pengasuh pondok, beberapa peserta didik kurang nyaman dengan fasilitas yang tersedia, beberapa peserta didik yang terganggu dengan kegiatan asrama yang menyebabkan mereka tidak fokus dalam belajar sehingga menggangu kenyamanan peserta didik. Hal ini akan menjadi faktor penghambat tercapainya prestasi dan hasil belajar peserta didik yang maksimal. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan Peserta didik di pondok pesantren salah satunya dengan menggunakan layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur'an Al- Mumtaz Kota solok tingkat SMA sebanyak 68 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen kenyamanan peserta didik di pondok pesantren. Data dianalisis dengan analisis persentase. Temuan penelitian mengungkapkan kenyamanan peserta didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Al-Mumtaz Kota Solok secara umum berada pada kategori cukup nyaman. Lebih rincinya ( 1) kenyamanan peserta didik ditinjau dari aspek fisik secara umum berada pada kategori cukup nyaman; (2) kenyamanan peserta didik ditinjau dari aspek psikospiritual secara umum berada pada kategori cukup nyaman; (3) kenyamanan peserta didik di ditinjau dari aspek lingkungan secara umum berada pada kategori cukup nyaman; (4) kenyamanan peserta didik ditinjau dari aspek sosiokultural secara umum berada pada kategori nyaman. KataKunci: Kenyamanan, peserta didik pondok pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:16
Last Modified: 19 Jun 2020 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27142

Actions (login required)

View Item View Item